Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di Blog PII-MAU Persatuan Ibu-Ibu Masjid Agung Ushuluddin, Kompleks Krakatau PT Chevron Pacific Indonesia, Duri-Riau

Selasa, 03 Maret 2009

Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah (Daurah Jana'iz)




Assalamualaikum Wr. Wb.

Ibu-ibu jamaah PIIMAU yang dirahmati Allah,

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah, insya Allah Pelatihan Penyelenggaraan Daurah Jana'iz akan segera diselenggarakan. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Seksi Dakwah & Seksi Sosial PII-MAU, dengan dipandu oleh Tim SALIMAH (Persaudaraan Muslimah) Duri Riau yang dipimpin oleh Ibu Nurhasanah, Lc.

Pelatihan ini PENTING DIIKUTI mengingat bahwa menyelenggarakan jenazah adalah fardhu kifayah bagi ummat muslim. Insya Allah dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2009, jam 08.00-15.30 WIB.

Prosesi jenazah dalam Islam memiliki makna yang sangat besar. Selain bisa mengingatkan orang akan kematian juga mempunyai keutamaan dan bisa mendatangkan pahala, sebagaimana sabda Nabi Shalallaahu alaihi wasalam :

"Barangsiapa yang mengantarkan jenazah seorang muslim karena iman dan mengharap pahala sedang ia selalu menyertai jenazah tadi, sampai di shalati dan selesai dikubur, maka ia akan membawa pulang pahala dua qirath, sedang satu qirath adalah sebesar gunung Uhud" (Shahihul Jami' No. 6136)

Demikian besar keutamaan mengikuti prosesi jenazah ini, namun perlu diketahui, bahwa untuk memperoleh keutamaan tersebut tentu kita tidak boleh sembarangan dalam melaksanakan proses mengurus jenazah tadi. Karena pahala tadi dijanjikan oleh Nabi Shalallaahu alaihi wasalam, maka tentunya prosesi jenazah yang dilakukan harus mengikuti petunjuknya sebab merupakan suatu yang aneh jika kita mengharapkan pahala atau keutamaan, namun cara yang dianjurkan untuk memperolehnya tidak dilakukan dan bahkan cenderung menyelisihi. (sumber : www.alsofwah.or.id)


Untuk itulah diadakan pelatihan Daurah Jana'iz ini, dengan harapan semoga kita sebagai umat muslimah dapat lebih termotivasi untuk membantu penyelenggaraan jenazah di sekitar lingkungan kita, di sekitar keluarga kita, dengan cara yang runutannya sesuai dengan sunnah-sunnah yang diajarkan oleh suritauladan kita, Nabi Besar Muhammad SAW.

Demikianlah ajakan kami, kepada ummat muslimah di wilayah Duri Camp, untuk mengikuti pelatihan Daurah Jana'iz ini. Semoga Allah meridhoi apa yang kita ikhtiarkan, dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan maghfirah-Nya kepada kita semua. Amiin ya robbal alamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Panitia Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah (Daurah Jana'iz)

0 komentar:

  © Blogger template 'Computer Logo' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP